Rabu, 25 September 2013

Tokoh Kreatif Menurut Saya


Sewaktu saya diberikan tugas mengerjakan tugas ini, hal yang sayang tanyakan terlebih dahulu kepada Ibu Dosen saya adalah :"Ibu, apa harus tokoh?". Lalu Ibu Dosen menjawab "Tidak, terserah kamu mau menceritakan siapa, asal kamu bisa menjelaskan kreativitas apa yang sudah dia buat". Saya manggut-manggut. Yang dipikiran saya adalah Bapak saya sendiri. Saya sudah menuliskannya di kertas pada hari itu juga dimana tugas tersebut diberikan. Tulisan saya cukup panjang. Tapi setelah saya baca ulang lagi, cerita yang saya tuliskan lebih tepat ke cerita "Perjuangan hidup seorang pemuda menjadi seorang bapak". Kira-kira seperti itu.  

Akhirnya, setelah saya memikirkannya lagi berhari-hari (bukan setiap detik saya memikirkannya juga sih..) , saya teringat satu tokoh yang sangat saya kagumi. saya kagumi karena keanehannya, ke'najis'annya, ke'bodoh'annya yang malah itu semua bisa menjadi hiburan buat oranglain. Kutipan dari salah satu filmnya yang sudah ditayangkan yaitu - Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh, ternyata tujuan dia adalah ingin menjadikan cerita hidupnya menjadi hal yang bisa membuat oranglain tertawa.  

Hayooo.... Yang baca udah bisa nebak siapa tokoh ini? Siapa? Siapa? Apa? Pak Tarno? Bukaaaaannn... Pak Tarno ga pernah buat film. Dia pesulap..... Siapa? Siapa? Eeaaaaaaaa....... Lelaki itu adalah RADITYA DIKA !!!!!!!!!

Raditya Dika yang kalau tidak salah berdarah Batak dengan marga Nasution ini lahir di Jakarta, 28 Desember 1984. Dia adalah salah seorang penulis Indonesia yang menurut saya HEBAT.          

Awalnya, dia menuliskan kisah-kisah jenaka di sebuah blog pribadinya. Dan dia memenangkan Indonesia Blog Award dan dia juga mendapatkan penghargaan The Online Inspiring Award 2009 dari Indosat.


Kenapa Raditya Dika saya katakan kreatif?

Raditya Dika adalah seorang penulis yang memiliki ciri khas sendiri dalam genre komedi dimana dia menceritakan kisah hari-harinya sendiri, dan dia mampu menuliskannya sedemikian rupa hingga orang bisa sangat terpingkal-pingkal tertawa. tidak tanggung-tanggung, bahasa yang dia gunakan pun sangat 'berani' yang sebagian orang mungkin tidak menyangka atau bahkan jijik mendengar kata-kata tersebut. Saya sendiri pernah meng-update status di Facebook saya yang bunyinya kira-kira seperti ini ‘iiiuuuuu...iiiuuuu...iiuuuu...iiiiuuuu...." seperti suara Ambulance. Hehehe Candaaaaa..... Seperti ini " Terimakasih Tuhan karena Kau telah menciptakan mahkluk seperti Raditya Dika". Karena memang, dia berhasil membuat orang terbahak-bahak oleh ceritanya dan bahkan ekspresi wajahnya. Yang LAGI berbeda dengan komedian lain (coba deh nonton Stand Up Comedynya). 

Alasan lain lagi kenapa dia kreatif. Raditya Dika adalah seorang anak muda yang memiliki inovasi dan ide unik. Mislahnya, bila kita perhatikan semua judul novelnya PASTI berbau binatang. dan itu bisa menjadi ciri khas dia, yang diingat orang dari dia, dan bahkan bisa menjadi nilai jual karyanya. 

1. Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005)

2. Cinta Brontosaurus (2006)

3. Radikus Makankakus : Bukan Binatang Biasa (2007)

4. Babi Ngesit : Datang Tak diundang Pulang Tak Berkutang (2008)

5. Marmut Merah Jambu (2010)

6. Manusia Setengan Salmon (2011)

Itu dia judul-judulnya, yang setiap novel punya ceritanya sendiri.

 
Selanjutnya, pada saat buku-buku Radit sudah terceta, ternyarta diawalnya oeminat buku Raditya Dika sedikit. Akhirnya dia mempromosikan bukunya di blognya dan dia memiliki ide agar novelnya banyak diperhatikan. Dia meminta para penggemarnya, bila sudah membeli bukunya..pembeli bisa foto buku itu dan mengirimkannya kepada Radit. Bila saya sendiri melakukan hal itu, yang ada dipikiran saya pasti "Waaahh.. Berarti kalu nanti aku foto sama bukunya Raditya Dika, trus Radit buka fotonya.. berarti dia bisa lihat muka aku dong...iiiiiiihhhhhhh (mukul-mukul manja dinding)" 

Ya, kira-kira begitu. dan akhirnya memang, peminat bukunya banyak. Bukan lagi sekedar hanya karena wajahnya akan dilihat Raditya Dika tapi memang karena isinya yang bisa mengalihkan dunia setiap orang (yang memiliki selera humor pastinya) hihi 

Pernah dengar Malam Minggu  Miko yang ditayangkan oleh Kompas TV? Nah.. itu juga termasuk karyanya Raditya Dika. Ceritanya unik, lucu, segar (ikan kaleee...), dan ceritanya dekat dengan kehidupan anak muda sekarang.  

Ya. Sampai disini saja cerita saya mengenai manusia super ini. Semoga yang baca banyak pahala. Komen bisaa. Kritik dan saran, OKE. 

Tuhan memberkati :))

 

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar